Pages

Minggu, 25 Oktober 2015

Standard IEEE 802.5 Token Ring



Pengertian Token Ring

Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969. Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary), dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang berada di dalam sebuah jaringan komputer.

 
Sambungan Komputer dalam Topologi Ring

Pada tahun 1985, Asosiasi IEEE di Amerika Serikat meratifikasi standar IEEE 802.5 untuk protokol (cara akses) Token Ring, sehingga protokol Token Ring ini menjadi standar internasional. Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk teknologi Ethernet (IEEE 802.3) yang merupakan teknologi jaringan LAN paling populer. Meskipun Token Ring lebih superior dalam berbagai segi, Token Ring kurang begitu diminati mengingat beaya implementasinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan Ethernet.
Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan.
Beberapa spesifikasi dan standar teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) dalam Token Ring dijelaskan dalam RFC 1042.
Topologi adalah gambaran secara fisik dari pola hubungan antara komponen–komponen jaringan yang meliputi server, workstation, hub dan pengkabelannya . Topologi token ring di dalam topologi token ring semua workstation dan server di hubungkan sehingga suatu pola lingkaran atau pola lingkaran atau cincin. Tiap workstation ataupun server akan menerima dan melewatkan Informasi dari satu komputer ke komputerlain ,bila alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan bila tidak informasi akan dilewatkan.

Token Ring Keunggulan Tidak terjadi tabrakan pengiriman Kelemahan Setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang di lewatkan dalam jaringan .sehingga bila terdapat gangguan di suatu node maka seluruh jaringan akan terganggu. 

Jenis Kabel yang sering digunakan topologi ini adalah twisted pair dan fiber optic.

Kekurangan dan Kelebihan Topologi Ring (Cincin)







Topologi Token Ring (Cincin)

Di dalam topologi Token Ring semua workstation dan server dihubungkan sehingga terbentuk suatu pola Lingkaran atau Cincin. Tiap Workstation ataupun server akan menerima dan melewati informasi dari suatu komputer ke komputer lainnya, jika alamat-alamat yang dimaksud sesuai maka informasi diterima dan jika tidak informasi akan dilewatkan.

Protokol Token Ring 
Protokol Token Ring di kembangkan oleh IBM pada pertengahan tahun 1980. Metode Aksesnya melalui lewatnya sebuah token dalam sebuah lingkaran seperti Cincin . Dalam lingkaran token, komputer-komputer dihubungkan satu dengan yang lainnya seperti sebuah cincin. Sebuah Sinyal token bergerak berputar dalam sebuah lingkaran (cincin) dalam sebuah jaringan dan bergerak dari sebuah komputer-menuju ke komputer berikutnya, jika pada persinggahan di salah satu komputer ternyata ada data yang ingin ditransmisikan, token akan mengangkutnya ke tempat dimana data itu ingin ditujukan, token bergerak terus untuk saling mengkoneksikan diantara masing-masing komputer.
 Protokol Token Ring membutuhkan model jaringan Bintang dengan menggunakan kabel twisted pair atau kabel fiber optic . Dan dapat melakukan kecepatan transmisi 4 Mbps atau 16 Mbps. Sejalan dengan perkembangan Ethernet, penggunaan Token Ring makin berkurang sampai sekarang.

Dalam pengunaannya komputer yang dihubungkan ke jaringan token ring melalui suatu hub khusus untuk Token Ring yang disebut Multi -Station Access Unit (MSAU). MSAU memiliki ring input port (RI), Ring Output port dan sejumlah port untuk berhubungan dengan komputer. Token Ring menggunakan metode yang disebut Beaconing untuk mencari kesalahan jaringan.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan jaringan Token Ring adalah panjang lingkaran token tidak boleh lebih dari 12 1,2 meter untuk kabel jenis UTP. Lobe adalah kabel untuk menghubungkan suatu komputer ke port MSAU dengan panjang maksimum 45,5 meter untuk jenis UTP dan 100 Meter untuk jenis STP.

Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.

Terdapat tujuh jenis kabel yang digunakan untuk token ring yaitu :
  1. Type 1-AWG (American Wire Gauge) 22, triple shielded, sesuai untuk kegunaan luar dan dalam bangunan
  2. Type 2 – sama seperti type 1, menggunakan 4 pasang kabel telephone (26 AWG)
  3. Type 3 – kabel telepon tanpa serat, tidak mendukung 16 Mb/s dan sangat sensitif dengan gangguan dari luar.
  4. Type 4 – kabel fiber optik 100/140 mm
  5. Type 5 – double shielded 26 AWG, digunakan untuk menyambung kabel konsentrator atau workstation dan juga outlets.
  6. Type 7-double shielded 26 AWG, selalu dipasang untuk digunakan di bawah karpet.
  7. Type 9 – double shielded 26 AWG dari bahan yang tahan panas dan api.

Kekurangan Dari Topologi Token Ring (Cincin)
Kekurangan dari topologi ini adalah setiap node dalam jaringan akan selalu ikut serta mengelola informasi yang di lewatkan dalam jaringan, sehingga jika terdapat ganguan di suatu node maka seluruh jaringan akan tergangu.

Kelebihan Topologi Token Ring (Cincin)
Kelebihan Topologi ini adalah Tidak terjadinya Collision atau tabrakan pengiriman data seperti pada Topologi Bus karena hanya satu node dapat mengirim data pada suatu saat.

Secara Garis besar Kelebihan dan Kekurangan Topologi Token Ring (Cinci) sebagai Berikut:
Kelebihan :
a. Hemat Kabel

Kekurangan : 
a. Peka Kesalahan
b. Pengembangan Jaringan Lebih Baku

1 komentar:

  1. ceramic vs titanium curling iron - The Tithological Encyclopedia
    The concept is that if a person uses ceramic, ceramic, or welding titanium iron, the 2018 ford fusion energi titanium ceramic may represent the most 2017 ford focus titanium basic shape of the ford edge titanium body. The human form is titanium sheets

    BalasHapus